Kedai DBS: Let's Spark Joy!

Assalamualaikum, 

Tanggal 12 September lalu, saya diundang oleh Mommies Daily untuk datang ke event Kedai DBS yang bertema Let's Spark Joy: Live Well, Save Well. Biasanya MD kalau ngundang kan ditempat-tempat indoor dan dijam jam makan siang atau makan malam gtu ya. Undangan kemarin agak berbeda karena eventnya diadakan di Taman Menteng dan jam 7 pagi bokk! Untungnya saya emang early riser, begitu pun anak-anak, yang rempongnya adalah saya mau ajak anak-anak ikut juga menghadiri event itu. Ya sekalian mereka bermain-main di taman kan ya pagi-pagi, hirup udara segar. 

Salah satu pembicara yaitu Widrawan Hindrawan, Head of Wealth Management PT Bank DBS Indonesia, berbagi cara efektif untuk wanita belajar berinvestasi keuangan sesuai kebutuhan masing-masing. Semenjak berumah tangga, mau gak mau saya agak melek dikit lah tentang investasi. Mulai belajar-belajar, nanya-nanya teman atau orang tua yang lebih berpengalaman. Karena dari yang saya baca, uang kalau hanya disimpan di bank akan termakan inflasi, maksudnya uangnya tidak berkembang sesuai dengan nilai uang yang ada. Bingung ya? Sama.. hehe.. Saya pribadi mulai menginvestasikan uang simpanan saya kedalam beberapa bentuk disesuaikan dengan tujuannya. Ada yang untuk jangka panjang, menengah dan pendek. Simplenya, bentuk investasi jangka pendek itu yang paling mudah proses pencairannya, sedangkan untuk investasi jangka panjang yang agak sulit pencairannya namun nilai pertambahannya juga besar. Sorry ya, saya gak begitu familiar dengan istilah keuangan, jadi sengertinya saya saja.. Nah ini pas banget dengan fakta bahwa: 
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ternyata 75% keuangan rumah tangga pada umumnya dikelola oleh wanita. Namun, dari presentase tersebut hanya 51% wanita yang merencanakan keuangan keluarga. Hal ini mungkin berhubungan dengan, tingkat literasi keuangan wanita Indonesia yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan pria. Survei OJK pada 2013 menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan wanita berada diangka 18,84%, sedangkan pria berada diangka 25%.
Fact diatas cukup menjelaskan ya kenapa saya menjadi salah satu wanita yang diundang ke acara ini, hehe.. Curhat dikit, menjadi ibu rumah tangga menuntut kita untuk bertanggung jawab akan banyak hal. Tanggung jawab akan kebahagiaan suami dan anak-anak, berat badan suami dan anak-anak, kesehatannya, kebersihan rumah, juga keuangan keluarga, masya Allah. Disaat yang bersamaan kita harus menjadi ahli gizi, masterchef, psikolog, financial planner.. wuihhh.. Subhanallah ya.. Maka dari itu, as I mentioned over and over that being a mother is like a never ending learning, non stop studying process, how lucky we are, Moms.  Salah satu statement dari pak Widrawan yang cukup saya ingat pada saat talkshow kurang lebih begini, 
“Jika wanita lebih melek keuangan, tentunya sebagai pengelola keuangan keluarga, wanita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik bagi dirinya dan keluarganya."
Investasi keuangan penting, tapi ada lagi yang lebih penting.. Yaitu investasi kesehatan! Bukan maksudnya asuransi kesehatan ya, tapi berolah raga untuk kesehatan. Hal yang kadang aku tidak jadikan prioritas, haafftt..  Disinilah Mas Fajar Putra dari PenYoga Star memberikan pandangannya mengenai pentingnya berinvestasi untuk kesehatan khususnya dengan melakukan yoga. 

”Tak hanya perencanaan keuangan yang matang, para wanita juga perlu memperhatikan kesehatan agar selalu sehat dan bugar. Gerakan yoga dapat melatih serta meningkatkan fokus dan konsentrasi. Konsentrasi merupakan modal bagi para wanita untuk dapat beraktivitas dengan lebih produktif. Yoga juga dapat memberikan energi positif sehingga dapat memberikan kebahagiaan bagi orang-orang di sekitarnya,”
Mba Hanifa Ambadar (CEO & Founder Female Daily Network) pun menambahkan bahwa jaman sekarang, sebagai wanita modern memang kita dituntut untuk lebih produktif. That's why, penting sekali untuk kita mengetahui pentingnya berinvestasi keuangan dan kesehatan untuk masa depan yang lebih baik. 


And after the inspiring talkshow, the event continues to spread happiness and awareness towards health investment by doing yoga led by Fajar Putra from PenYoga Star. Yeayy! Memang bukan pertama kalinya buat saya melakukan yoga, tapi pertama kali yoga di outdoor! Bok, kalo kata temen saya si Talitha, its one in a million banget Suci yoga di outdoor pula, panas-panasan. But I was so enjoyed and so did Kenza. Gak nyangka that he was so interested in yoga movement, dan dia ngikutin gerakannya. 

Thank you Mommies Daily dan Bank DBS for having me, and its true that being modern women in this era we need to be more productive. And this event reflects the statement, pagi-pagi sudah belajar tentang investasi dan doing yoga with Kenza, I felt so productive on weekend. 

Posting Komentar untuk "Kedai DBS: Let's Spark Joy!"